Pengaruh Economic Value Added, Current Ratio, Debt to Equity Ratio Terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019

Tan Kim Hek, Devia Devia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Economic Value Added, Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019 baik secara parsial maupun simultan. Data yang ada dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 sampai 2019.Sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan criteria purposive sampling, Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 45 perusahaan dengan periode pengamatan selama 3 tahun. Maka jumlah pengamatan sebanyak 135 sampel Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa economic value added secara parsial berpengaruh terhadap return saham sedangkan current ratio dan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return saham pada perusahaan manufaktur pada tahun 2017-2019. Secara simultan Economic Value Added, Current Ratio danDebt to Equity Ratio berpengaruh terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019.


Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Jakarta : Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 23. Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, Charles H. 2008. Financial Reporting & Analysis: Using Financial Accounting. Information.11 ed. South-Western College Pub.Haddad, Muliaman D.

Janitra dan Kesuma. 2015. Pengaruh EPS, ROI dan EVA Terhadap Return Saham Perusahaan Otomotif Di BEI. E-JurnalManajemenUnud. Vol. 4 No. 7 , 2015 : 1831-1844. Universitas Udayana, Bali,Indonesia.

Nia. 2019.Pengaruh Economic Value Added, Debt To Equity Ratio, Return Of Asset, dan Current Ratio Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sector Pertambangan Yang Terdaftar di BEI.

Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Novita, Spriantikasari. 2019. Pengaruh Return on Assets, Debt to Equity Ratio, Current Ratio, Earning per Share dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham. Jurnal JRAMB Prodi Akuntansi UMB Yogyakarta,5(1).

Nugroho. 2017. Analisis Pengaruh Current Ratio, Return On Equity, Debt To Equity Ratio Dan Earning Per Share Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.