Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Anjing Berbasis Web

Sukiman Sukiman

Abstract


Anjing sudah menjadi hewan pemeliharaan manusia karena loyalitas dan kesetiaannya. Bagi kita, terutama yang menyukai dan memelihara anjing harus juga memperhaitikan kondosi kesehatan dari anjing tersebut, karena tidak menutup kemungkinan penyakit yang diderita oleh anjing tersebut dapat mempengerahui atau bahkan menular pada manusis. Oleh sebab itu program ini dibuat untuk membantu para pemelihara anjing dalam mendapatkan beberapa informasi mengenai penyakit anjing. Dipilihnya teknik identifikasi penyakit anjing ini karena gejala-gejala penyakit yang lazim diderita oleh anjing relative mudah untuk diamati dan relative aman untuk dilakukan oleh siapapun metode inferensi yang digunakan adalah forward chaining, yaitu proses inferensi yang memulai pencarian dari premis atau data masukan berupa gejala menuju pada konklusi yaitu kesimpulan penyakit yang diderita serta memberikan solusi mengenai saran pengobatan dan pencegahan berdasarkan gejala-gejala yang diamati. Aplikasi yang dibangun dilengkapi dengan sistem pengelolaan pengetahuan yang sudah digunakan dan dinamis. Pakar dapat menambahkan, mengubah, dan menghapus pengetahuan atau aturan baru tanpa harus memulai dari awal. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan Adobe Dreamweaver CS5 dan  MySQL sebagai basis data.


Full Text:

PDF

References


Kristanto, H. 1994. Konsep dan Perancangan Database. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mediakita, Panduan Belajar MySQL Database Server Penerbit PT. TransMedia, Jakarta.

Nugroho Bunafit, Dasar Pemrograman Web PHP – MySQL dengan Dreamweaver, Cetakan Pertama, Penerbit Grava Media, 2013

Paryudi Iman, Simarmata Janner, 2006. Basis Data. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sutojo, T., Mulyanto Edy, Suhartono Vincent, 2010, Kecerdasan Buatan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

S Alex, panduan Lengkap Memelihara Anjing & Kucing, Penerbit PB.

Sani Sanusi, Mengenal Anjing, Penerbit Penebar Swadaya, 2004

Saputra Agus. 2012, Web Tips : PHP, HTML5 dan CSS3, Penerbit Jasakom.

Sri Kusuma Dewi, Artifical Intelligence, Penerbit Graha Ilmu, 2003.

Triyuliana Heni Agnes, 2006. Aplikasi Manajemen Databasi Pendidikan Berbasis Web dengan PHP dan MySQL Edisi II. Penerbit Andi, Yogyakarta.

http://pojoksainskomputer.wordpress.com/2008/10/dokumentasi-sistempakar-diagnosis-penyakit-anjing.pdf pada tanggal 12 Juli 2012

http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_2136.html diakses pada tanggal 14 Juli 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.