Perancangan Aplikasi Jurnal Online dengan Open Journal System (OJS) Pada Jurnal STMIK IBBI

Tintin Chandra

Abstract


Laporan penelitian ini berdasarkan pada analisa dan perancangan sistem yang dilakukan penulis pada STMIK IBBI. STMIK IBBI merupakan lembaga pendidikan yang bergerak dibidang Teknologi Informasi dan aktif dalam mempublikasi jurnal. Selama ini, proses manajemen jurnal dan publikasi masih melalui media cetak, sehingga belum dapat diakses dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi Jurnal Online pada Jurnal STMIK IBBI dengan menggunakan sebuah CMS khusus untuk mengelola jurnal, yaitu Open Journal System (OJS) yang berdasarkan bahasa pemrograman PHP penyimpanan data dengan MySQL. Tujuan dari sistem ini yaitu untuk mengelola kegiatan manajemen jurnal dan publikasi karya ilmiah yang lebih baik dan meningkatkan kemudahan akses. Hasil dari penelitian ini adalah dokumen perancangan dan aplikasi manajemen jurnal ilmiah. Penerapan aplikasi ini mampu mempermudah manajemen jurnal dan publikasi pada Jurnal STMIK IBBI.


Full Text:

PDF

References


Handoko, & Arief, I. (2013). Jurnal Online dengan Open Journal System. Padang: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.

Handoko, Arief, I., & Yuhefizar. (2017). Kupas Tuntas Open Journal System Versi 3. Jakarta: PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO.

Hartanto, A., & Sukadi. (2014). Perancangan Web Profile pada Commanditare Vennoontschap (CV) Impresso.

Mauko, I. C., Setiohardjo, N. M., & Noach, F. P. (2013). Pengembangan Website Unit Pelayanan dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Penerapan Jurnal Elektronik Berbasis Open Source di Politeknik Negeri Kupang.

P., D. A., & Soepeno, B. (2014). Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang. 2, 65.

Simaremare, Y. P., Pribadi S, A., & Wibowo, R. P. (2013). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO. 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.